RENCANA PELAKSANAANPEMBELAJARAN
Sekolah : SMK NEGERI 5 BANTAENG
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1-3
Materi Pokok : Pemaparan Jatidiri (Talking About Self)
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 3 Pertemuan)
A.Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetetensi Dasar
3.1. Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pada teks lisan pemaparan jati diri, sesuai, dengan konteks penggunaannya
4.1 Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulisan
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Belajar (IPK)::
3.1.1 Mengidentifikasi, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri
3.1.2 Mengidentifikasi ungkapan pemaparan jati diri
3.1.3 Mengidentifikasi informasi-informasi tertentu dan informasi rinci yang terdapat pada teks pemaparan jati diri
3.1.4 Menggunakan unsur bahasa to BE dan to HAVE dengan benar dalam kalimat
4.1.1 Mengidentifikasi makna pemaparan jati diri secara lisan dan tulisan
4.2.1 Menyusun teks lisan dan tulisan pemaparan jadi diri sederhana
4.2.2 Memaparkan jati diri sendiri secara secara lisan dan tulisan
4.2.3 Merespon pemaparan jati diri secara lisan dan tulisan
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
1. Mengidentifikasi ide umum dari teks
2. Mengidentifikasi informasi-informasi tertentu dan informasi rinci yang terdapat pada teks
3. Mengidentifikasi ide utama paragraph
4. Mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri
5. Menggunakan unsur bahasa to BE dan to HAVE dengan benar dalam kalimat
6. Menulis teks lisan tentang pemaparan jati diri
7. Memaparkan jati diri sendiri secara lisan
D. Materi Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Inggris, Kementrian Pedidikan dan Kebudayaan republic Indonesia 2014 halaman 1 sampai dengan halaman 16.
Buku English for Beginners, Zenus English hal 6 -7
Fungsi Sosial: Introducing someone personal information to others
Struktur Teks:
1) Opening
2) Content
3) Closing
Unsur Kebahasaan:
1) Kata-kata terkait dengan keluarga, penampilan fisik, watak, kepribadian dan kegemaran
2) To be dan To have
3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika memaparkan jati diri secara lisan
E. Metode Pembelajaran
Pendekat Saintifik
Strategi: Menyimak, diskusi kelompok, penugasan individu, role play
Model pembelajaran : Discovery
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
- Rekaman kaset/CD/video (listening)
- Power Point Presentation
2. Alat/Bahan
Laptop/LCD Projector
3. Sumber Belajar:
- English for Beginners, Zenius English
- Bahasa Inggris SMA /MA Kelas X Semester 1, Utami Widyati dk, Puskurbuk, Balitbang Kemdikbud (Teks Tertulis)
G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1) Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengecek kesiapan siswa untuk belajar baik secara fisik maupun psikologis
- Guru memeriksa kehadiran siswa
- Berdoa bersama
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik dan menjelaskan tujuan pelajaran yang akan mereka capai setelah proses pembelajaran selesai.
- Guru memberikan pertanyaan pertanyaan tentang perkenalan.
2) Kegiatan Inti
Mengamati:
- Siswa menyimak contoh teks tentang pemaparan jati diri sambil mengerjakan/ menjawab soal-soal pertanyaan yang disiapkan guru
- Siswa belajar mengidentifikasi /menemukan gagasan umum, ide utama paragraph, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain:
- Perbedaan pemaparan jati diri dalam bahasa Inggris dengan bhs. Indonesia
- menanyakan apa saja informasi jati diri yang etis dan kurang etis untuk dipaparkan/ disampaikan
- Menanyakan cara pengucapan kosa kata / kalimat
Pertemuan ke 2
Mengasosiasi
- Siswa mencari informasi/ contoh dari berbagai sumber tentang cara memperkenalkan diri
Mengeksplorasi:
- Siswa diberikan script teks lisan pemaparan jati diri dan melatih pengucapan serta mempraktekkan ungkapan-ungkapan yang ada di dalamnya
- Siswa berlatih menulis pemaparan jati diri mereka sendiri berdasarkan contoh/ model text yang terdapat pada buku siswa
Mengkomunikasikan
- Siswa berlatih memaparkan jadi diri mereka berdasarkan tulisan yang mereka buat
-
3) Kegiatan Penutup
Menyimpulkan
- Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
- Guru memberikan umpan balik pembelajaran
- Guru memberikan menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
Pertemuan 3
1) Kegiatan Pendahuluan
- Guru mengecek kesiapan siswa untuk belajar baik secara fisik maupun psikologis
- Guru memeriksa kehadiran siswa
- Berdoa bersama
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik dan menjelaskan tujuan pelajaran yang akan mereka capai setelah proses pembelajaran selesai.
- Guru mereview kembali pelajaran sebelumnya.
2) Kegiatan Inti
Mengamati:
- Siswa menyimak contoh kalimat yang mengunakan tobe (am, is, are) dan have ( have/ has)
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain:
- Perbedaan penggunaan tobe (am, is are) have (have, Has)
- Menanyakan cara pengucapan kosa kata / kalimat
- Siswa berlatih membuat kalimat menggunakan tobe (am, is are) have (have, Has)
Mengasosiasi
- Siswa mencari berbagai contoh kalimat menggunakan tobe (am, is are) have (have, Has)
Mengeksplorasi:
- Siswa melengkapi kalimat yang diberikan guru dengan menggunakan tobe (am, is are) have (have, Has)
Mengkomunikasikan
- Siswa menyampaikan hasil pekerjaan
-
3) Kegiatan Penutup
Menyimpulkan
- Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
- Guru memberikan umpan balik pembelajaran
- Guru memberikan menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis / Teknik Penilaian: Test Tertulis dan test kinerja
Proses penilaian berlangsung selama pembelajaran yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan Tes Tertulis/lisan dan Penugasan (PR)
Ketrampilan: (Listening, reading, writing, speaking)
Unjuk kerja/Praktek
A. Penilaian
a. Pengetahuan : test tertulis Multiple choice / Essai teks
b. Keterampilan : mendemostrasikan cara memperkenalkan diri dan memperkenalkan orang lain.
1. Instrumen terlampir
· Instrumen test mengggunakan test tertulis multiple choice dan Essai test
· Intrumen laporan praktek menggunakan rubric penilaian dengan focus utama pada kwalitas visual, kualitas teks dan strutur kebahasaan, kejujuran dan kerja sama ( Action)
Evaluasi :
Choose the correct answer for each question
1. Hi ________ is Agus, your news neighbor
a. my name c. Mine name
b. May name d. he
2. Yuna : “Gina I’d like to __________ to siska.
a. introduce me c. introduce
b. introduce you d. you introduce
3. Kiki : “ Hi am Kiki”
Dina : “Hi Kiki. Nice to _______ I’m Dina
a. To met c. to meet
b. To meet you d. nice to meet him.
4. Fadhil : “ How do you do?
Monic : _______
a. I’m fine c. how do you do?
b. Nice to meet you d. how are you?
5. Yuni : Hasan ,______ you meet Lucy?
Hasan : “ not yet”
a. Do C. have
b. Has D. had.
Key : 1. a.
2. b
3. c
4. b
5. b
Untuk menentukan nilai pengetahuan di ambil rata rata dengan rumus
Jumlah soal yang benar dibagi jumlah soal X 100
2. Rubrik Penilian Keterampilan Berbicara
No
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
SCORE
|
|
Kosakata (vocabulary)
|
5 = hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tappi tidak mengganggu makna
3 = ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Kelancaran (Fluency)
|
5 = Sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancer
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketelitian
(accuracy)
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa keslahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Intonasi
(intonasi)
|
5 = hampir sempurna
4= ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Pemahaman (understanding)
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Pilihan Kata
(diction)
|
5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
3. Bentuk Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Aspek Pengetahuan
15 butir pertanyaan dengan bobot bervariasi (1 s.d 5)
b. Aspek Ketrampilan
Rubrik Penilaian Ketrampilan Menulis
KRITERIA
|
SKOR
|
INDIKATOR
|
Isi (Content)
|
3
|
Lancar
|
2
|
Kurang lancer
|
1
|
Tidak lancer
|
Tata Bahasa (Grammar)
|
3
|
Hampir semua tepat
|
2
|
Sebahagian tepat
|
1
|
Banyak kurang tepat
|
Pilihan Kata (Diction)
|
3
|
Hampir semua sesuai
|
2
|
Sebahagian sesuai
|
1
|
Banyak kurang sesuai
|
Rubrik Penilaian Ketrampilan Berbicara
KRITERIA
|
SKOR
|
INDIKATOR
|
Kelancaran
(fluency)
|
3
|
Lancar
|
2
|
Kurang lancer
|
1
|
Tidak lancar
|
Pengucapan (pronunciation)
|
3
|
Baik
|
2
|
Kurang baik
|
1
|
Tidak baik
|
Intonasi
(intonation)
|
3
|
Sesuai
|
2
|
Kurang sesuai
|
1
|
Tidak sesuai
|
Pilihan kata (diction)
|
3
|
Tepat
|
2
|
Kurang tepat
|
1
|
Tidak tepat
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
SYAHRUDDIN, S.Pd., MM.Pd HAMSIAH, S.Pd
NIP. 19711118 200312 1 001 NIP. 19820412 201111 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar