Rabu, 23 November 2016

RPP KD 3 Kelas X Ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                        : SMK NEGERI 5 BANTAENG
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/semester             : X/1
Materi Pokok                 :Teks Lisan dan Tulis Ungkapan Perhatian (Showing Care)
Alokasi Waktu               : 2 x 45 Menit

A.   Kompetensi Inti (KI)
1.3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
1.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.Kompetensi Dasar
3.3   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4   Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk);
3.3.1     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.2     Mengidentifikasi makna ungkapan perhatian
4.4.1     Menyusun teks lisan dan tulis ungkapan Showing Care
4.4.2     Mendemonstrasikan ungkapan Showing Care.
4.4.3         Merespon ungkapan showing care
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Bab 2, siswa diharapkan mampu:
1.       Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perhatian (care) serta responnya.
2.       Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care).
3.       Mendemontrasikan teks lisan dan tulisan ungkapan perhatian
C.    Materi Pembelajaran
1.       Fungsi Sosial
Sympathy expression is an expression or feeling of pity and sorrow when we know and see people are unlucky, have trouble, or are in bad condition. For example, our friend is sad because his/her grandfather is sick. We can entertain him/her by showing sympathy.By expressing sympathy, we want to show our concern or care for other people’s condition.
The purpose of expressing sympathy is to comfort people who have trouble or are in bad conditions. It is also aimed to let people know that we care for them. We can express sympathy directly to him/her orally by saying something supportive. In this way, we let our friend know that we know about his/her sadness and we let our friend know that we care and want to help him/her. If the person who is in trouble is far from us, we can send him/her a letter, postcard, short message service (sms), or email to show our care/sympathy.

2.       Struktur Kebahasaan
a.       Dialogue of Showing Care
Read the dialog carefully.
Today Imran is not feeling well. He is staying at home. He has just received a sympathy card through an email from his sister who lives far away in Singapore. The card says, “Sending you sunny smiles, warm wishes, and healing thoughts . . . Hope today finds you feeling much better!”
Many of his friends also come to his house.

Rama       : You look so pale. I bring you some soup, fix you some tea and bake you some treats. Hope you recover soon.
Imran      : Thanks a lot. What a lovely friend you are! I really appreciate that.
Rido        : I’d also water your plants and tidy your room.
Imran      : Thank you very much. I’m glad you do it for me.
Ramon    : To help you feel better, I’d fluff up your pillow and straighten your sheets.
Imran      : I am so grateful to you. You’re the best friends
I have ever had.
b.       Picture/Display About
Formal Situation of Showing Care
Informal Situation of Showing Care

c.       Struktur Teks
Dalam menngkomunikasikan ungkapan menunjukkan perhatian, ada beberapa kata yang memiliki fungsi yang sangat penting. Kata itu adalah kata sifat dan kata kerja.  Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk siswa menguasai dan menambah kata sifat guna membantu siswa agar siswa bisa mengucapkan dan menulis ungkapan perhatian.

Kata sifat yang sangat penting untuk ungkapan perhatian:
Ungkapan Perhatian (Showing Care)
Adjective
Makna
Contoh dialog
1.       Bad
2.       Sick
3.       Poor
4.       Trouble
5.       Lost
6.       Failed
7.        



D.    Metode Pembelajaran
Pendekatan scientific dengan dengan metode Discovery Learning
Langkah-langkah pembelajaran ilmiah menggunakan 5 M: Mengamati, menanya, menalar,

E.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.       Media
-          Power point presentation
-          Gambar
2.       Alat/Bahan
-          Loud speaker laptop
-          LCD
3.       Sumber Belajar
-          Buku Wajib Bahasa Inggris Kelas X
-          Internet/ www.teacherkeyexpression.com
F.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.       Kegiatan awal ( 15 menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdoa.
b.       Memberikan motivasi dan apersepsi.
Menunjukkan gambar untuk membangkitkan semangat belajar bahasa inggris:
c.       Menginformasikan tujuan pembelajaran.
d.       Melakukan appersepsi dengan cara memberikan pertanyaan :
Menanya siswa?
·         While u and I are walking together, then i slipt away, what will u do at that moment?
·         When you hear your friend missed the plane, what will you say?
·         What kind of expression is that?
·         Ok, I want some opinion from Bapak/Ibu, why we doing that? What is the purpose of showing sympathy?

2.       Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
·         Siswa menyimak  contoh teks lisan ungkapan perhatian yang  diperdengarkan guru
·         Siswa mengamati tujuan ungkapan menunjukkan perhatian disajikan guru
·         Siswa mengamati nilai moral dari dialog showing care.


Menanya
·           Siswamempertanyakanmakna kata dialog ungkapan perhatian
·           Siswa menanya situasi ungkapan perhatian
·           Siswa menanya penggunaan ungkapan perhatian

MengumpulkanInformasi/Mengeksplorasi
·         Siswamemperhatikan gambar percakapan ungkapan perhatian yang disajikan oleh guru
·         Siswamembuatkalimatpercakapandarigambar yang disajikan oleh guru

Mengasosiasi
·         Siswa mengidentifikasi dan menganalisis bagian gambar ungkapan perhatian yang disajikan oleh guru.
·         Siswa mencoba mempraktekkan sendiri ungkapan menunjukkan perhatian yang disajikan oleh guru.
·         Siswa mendiskusikan gambar percakapan dengan kelompoknya ungkapan perhatian.
·         Siswa mendemonstrasikan gambar percakapan ungkapan perhatian dengan pasangannya.
·         Siswa menjawab pertanyaan pasangan kalimat ungkapan perhatian
·         Siswa membuat surat dalam kelompok ungkapan perhatian

Mengkomunikasikan
·         Siswa menyampaikan informasi fungsi social ungkapan perhatian.
·         Siswa menceritakan kembali contoh ungkapan perhatian.
3.       Kegiatan Penutup (15 menit)
a.       Kesimpulan
siswa menyimpulkan hal-hal yang sudah dipelajari seperti fungsi sosial,
b.       Penugasan
Siswa mencari sumber bahan lain dalam  surat ungkapan perhatian
c.       Doa
G.      Penilaian
1.       Jenis Penilaian
a.       Test lisan
b.       Test tulis
2.       Bentuk Instrumen dan Instrumen
a.       Bentuk instrumen
-          Non-tes
-          Tes
b.       Instrumen
-          Lembar Observasi
-          Tes tulis
3.       Pedoman Pensekoran
a.       Pedoman pensekoran penilaian Sikap
Nama Peserta Didik      : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan    : …………………..
Materi Pokok                : …………………..
                                     
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor







Sikap Tanggung Jawab


Nama Peserta Didik       : ………………….
Kelas                            : ………………….
Tanggal Pengamatan     : …………………..
Materi Pokok                 : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor






b.       Pedoman pensekoran penilaian pengetahuan
N= Jumlah Soal Yang Benar X 100/ Jumlah soal

c.       Pedoman pensekoran penialaian ketrampilan

RUBRIK PENILIAN KETERAMPILAN BERBICARA

No
ASPEK
INDIKATOR
SCORE

Kosakata (vocabulary)





5 = hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tappi tidak mengganggu makna
3 = ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
1
2
3
4
5

Kelancaran (Fluency)
5 = Sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancar

1
2
3
4
5

Ketelitian
(accuracy)
5 =  sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
1
2
3
4
5

Pengucapan
(pronunciation)
5 = hampir sempurna
4 = ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa keslahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
1
2
3
4
5

Intonasi 
(intonasi)

5 = hampir sempurna
4= ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
1
2
3
4
5

Pemahaman  (understanding)
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami
1
2
3
4
5

Pilihan Kata
(diction)

5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
1
2
3
4
5

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                         Guru Bahasa Inggris



SYAHRUDDIN, S.Pd.,MM.Pd                                                    HAMSIAH, S.Pd
NIP 19711118 200312 1 001                                                       NIP 19820412 201111 2 001













 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar