Rabu, 23 November 2016

RPP KD 2 Kelas X Ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

            Sekolah                                   :  SMK NEGERI 5 BANTAENG
            Mata Pelajaran                         :  Bahasa Inggris
            Kelas/Semester                       :  X / 1
            T e m a                                     :  2
            Materi Pokok                          :  Complementing
            Alokasi Waktu                        :  2 X 45 menit
Materi Pembelajaran            :  Teks lisan dan tulis untuk memuji
                                                               bersayap (extended) serta responnya.

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santum, responsip, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dengan berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
3.      Memahami, menerapkan, menganalis pengetahuan factual, konseptrual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan predaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah:
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai  kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
3.2  .Menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasan pada ungkapan memuji bersayap (extended) serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya:
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap( extended), dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):

3.2.1        Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap
3.2.2        Mengidentifikasi makna ungkapan memuji bersayap

4.3.1        Menyusun teks lisan dan tulisan pujian bersayap(extended).
4.3.2        Mendemonstrasikan teks lisan dan tulisan memuji bersayap


D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa mampu menganalisis fungsi social, struktur teks, dan unsure kebahasan pada ungkapan memuji bersayap (extended) serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
2.      Siswa mampu mengidentifikasi makna ungkapan pujian bersayap
3.      Siswa mampu menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap( extended), dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks;
4.      Siswa dapat mendemostrasikan teks yang telah disusun.

E.     Materi Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Inggris, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, halaman 17 sampai dengan halaman 30.

F.     Pendekatan, Model/Metode.     
Pendekatan                : Scientific
Model                        : Problem Based Learning
Method                      : Dialogue, Speech, and Students Based Learning


G.    Kegiatn Pembelajaran
Pertemuan 1
1)       Kegiatan Pendahuluan
-          Guru mengecek kesiapan siswa untuk belajar baik secara fisik maupun psikologis
-          Guru memeriksa kehadiran siswa
-          Berdoa bersama
-          Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai peserta didik dan menjelaskan tujuan pelajaran yang akan mereka capai setelah proses pembelajaran selesai.
-          Guru memberikan pertanyaan pertanyaan tentang memuji bersayap
2)       Kegiatan Inti
Mengamati:
-          Siswa menyimak gambar contoh ungkapan-ungkapan memuji dan responnya
-          Siswa menulis kata bahasa inggris berdasarkan arti bahasa Indonesianya
-          Guru meminta siswa mencocokan jawabannya dengan siswa lain.
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain:
-          Perbedaan memuji dalam bahasa Inggris dengan bhs. Indonesia
-          Menanyakan cara pengucapan kosa kata / kalimat

Mengasosiasi
-          Siswa membaca dialog tentang complimenting
-          Siswa menjawab soal berdasarkan dialog
-          Guru mengevaluasi pekerjaan siswa

Mengeksplorasi:
-          Siswa diberikan situasi tentang kompliment
-          Siswa  membuat dialog berdasarkan situasi
Mengkomunikasikan
-          Siswa melokankan dialog yang telah dibuat.
H.    Alat/Bahan dan Sumber
1.      Alat/Bahan
a.       Laptop
b.      White board
c.       Board marker
2.      Sumber
                  The students English book K.13 Kelas X Halaman 17
I.       Evaluasi dan Kriteria Penilaian

1.    Jenis dan Teknik Penilaian

(Pengetahuan) : Ter Tertulis
Questions:
1.      What is definition about complimenting?
2.      When do you express compliment?
3.      What will you say if your friend has a new dress?
4.      Write down5 example of expression complimenting?
5.      Make dialogue based on situation. “ your friend Nisa have a new skirt“
             (Keterampilan)
1.      Writing
2.      Speaking

2.      Perangkat dan Klasifikasi Penilaian
Penilaian Pengetahuan

Key answer
1.      Complimenting is an expression to appreciate or praise other people. Complimenting is useful to give encouragement so that people will keep on doing their best and even improve their performance.
1        -  On General Occasion
-          When someone has done his/her best,
-          When you visit someone’s house for the first,
-          If you notice something new about someone’s appearance.
2        -   So nice your dress,
-          Very nice dress you are wearing
-          You looked beautiful with your dress
4. Example of Expression Complimenting
-          Well done!
-          Fantastic!
-          That’s great!
-          You have a beautiful hair.
-          You have a nice voice.

5. Inna             : hello, how are you things going on, Anny?
Anny           : hay. Good, and you?
Inna            : I’m feeling great today. How was your weekend with your family in Batu?
Anny           : Excellent. We had a lovely time there. You should have gone there with us.
Inna            : really? Hey, what a beautiful skirt you are wearing.
It matches your blouse
Anny           : thanks a lot. My sister bought it for me last month.

Inna            : Wow. That’s wonderful.
Anny           : Thanks
Penilaian Keterampilan
1.         Scoring Writing
a.    Content
b.   Organization
c.    Vocabulary
2.      Scoring  Speaking
a.          Pronunciation
b.         Stressing
c.          Intonation
                                                                         
TEACHING MATERIAL

Expression Of Congratulations

      Expression of Congratulations is an expression that we use give the congratulation utterance when he or she be succeed in doing someone.
Here are some expressions of congratulations and their proper responses:

Congratulating
Responding
I’d be the first to congratulate you on….
It’s very good of you to say so
I’d like to congratulate you on…..
How nice of you to say so
Please accept my warmest congratulations.
Thank you very much for saying so
May I congratulate you on…
I’m glad you think so
I must congratulate you.
Oh, it’s nothing special actually
It was great to hear about…
Oh, I have a lot to learn yet
Congratulations!
Oh, not really
Congratulations on….!
Oh, nothing to it, actually
Well done! / Fantastic!
Oh, thank’s

Expression Of Compliment

      Expression of Compliment is an expression that we show or say to express give praise.3 thing that need to be noticed:
·     General appearance
·     When you visit someone house in first saw
·     When other people do their best 
Expression Of Compliment:
·      What a nice dress!
·      You look great.
·      You look very nice/beautiful/handsome.
·      I really must express my admiration for your dance.
·      Good grades!
·      Excellent!
·      Nice work!
·     · Good job!

 





























































































                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar